Rabu, 07 Maret 2012

Sejarah terminologi medis


 

Sebagian besar (±_75% Istilah) istilah berasal dari bahasa yunani kuno (G) dan Latin (L). pemakaian bahasa yunani kuno (G) dan Latin (L) karena konsisten dan mempunyai pengertian yang sama.

Catatan klinik yang ditemukan pada masa Hippocrates, Galen dan Asistotle (460 BC- 201 AD) ditulis banyak menggunakan bahasa yunani contoh bronchus, carcinoma, coccyx, diatole, emphysema, erytheme,glaucoma, herpes, meninges, pancreas, thorax, dan urethra.

Teminologi medis adalah istilah yaang banyak dipakai dalam bidang kesehatan medis sebagai bahan komunikatif profesional kesehatan agar tepat dan efektif, efektif karena dapat dibentuk kembali menjadi kata yang baru dengan menambahkan awalan atau akhiran yang tetap mempunyai makna contoh gastrodoudenostomy yang berasal dari gastro+duodenum+stomy artinya tindakan pada gaster atau usus.

Hakekatnya pembahasan terminology medis titik berat materi ada pada pengetahuan tentang struktur, korelasi dan formasi istilah medis secara benar dalam persiapan menghindari salah kutip/tulis/ejaan istilah diagnosis pasien, dalam kaitan tugas mencatat, mengkoreksi, menyimpan dan mengrelease infomasi medis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar