Jumat, 23 Maret 2012

Bicara Yang Baik

         Agar anda dicintai manusia,maka bicaralah pada hal-hal yang baik saja. Karena banyak bicara akan  menghilangkan wibawa, banyak mengukir kesalahan, dan mempersulit hisab saat di akhirat. Barang siapa yang banyak bicara,maka oran glain akan enggan berbicara dengannya,ingin selalu menghindarinya, karena mayoritas manusia tidak uska dengan orang yang seperti itu..

              Allah s.w.t pun telah menganjurkan kepada kita agar berbicara pada hal-hal yang baik saja, dan meninggalkan yang sebalik.a Allah s.w.t Berfirman :

"Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, Kecuali bisikan bisikan dari orang yang mneyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat kebajikan, atau mengadakan perdamaia diantara manusia. barangsiapa yang berbuat demikian karana mencari ridha Allah, maka kelak akan Kami anugerahkan kepadanya balasan yang maha agung (Q.S An-Nisa' (4) : 114)

           Rasulullah s.a.w juga pernah memberikan pelajaran pada kita tentang hal itu, yaitu sebagaimana hadits yang disebutkan Ash-Shahihain, dari Abu Hurairah ra,dia mengatakan bahwa rasullulah s.a.w bersabda :

"barangsiapa yang beriman pada allah dan hari akhir, hendaknya dia berkata yang baik atau diam"

     Dengan demikian wahai saudaraku,hendaknya anda mengurangi pembicaraan selama bisa dipahami, dan pilihlah kata kata yng berfaedah, serta tidak bertele-tele.Karena rasullulah s.a.w sebagaimana yang telah dituturkan aisyah ra, jika berbicara sesuatu yang apabila ada yang menghitungnya, niscaya dia bisa menghitungnya (karena sadikitnya pembicaraan beliau)


                                                          Sumber: Amalan Ringan Pemikat hati (Abu Abdullah faishal)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar